Monday, April 18, 2011

Sambal Goreng Oncom Sate Maranggi

Sambal Goreng Oncom Sate Maranggi Entah kenapa akhir-akhir ini suami lagi kesengsem sama sambel :D Nah, kebetulan pas lagi lihat salah satu acara kuliner di TV yang mengulas Sate Maranggi ini juga disinggung cara pembuatan Sambal Goreng Oncom-nya. Kelihatannya menarik untuk dicoba, meskipun lauk utamanya bukan Sate Maranggi :p

Sekedar info, Sate Maranggi merupakan salah satu tujuan wisata kuliner terpopuler di Purwakarta, daerah tetangga dekat tempat tinggal saya dan suami saat ini. Sesekali kami pun mampir ke warung yang terletak di pinggir jalan ke arah Purwakarta dari pintu keluar tol Cikampek ini. Yah... meskipun warung itu bukanlah milik penemu Sate Maranggi, tapi karena lokasinya yang strategis, jadinya kami lebih sering kesana. Mungkin di postingan selanjutnya saya juga akan share cara membuat Sate Maranggi ala Ifat stay tune yah :D

Yuk, simak yuk cara membuat Sambal Goreng Oncom Sate Maranggi berikut ini...

BAHAN
* 2 butir bawang merah
* 3 buah cabai merah
* (boleh tambahkan cabai rawit, sesuai selera)
* 1 3/4 sendok teh garam
* 3 sendok teh gula pasir
* 3 cm kencur
* 1 cm jahe
* Air jeruk limau secukupnya
* 200 gram oncom bakar
* 2 genggam kemangi

CARA MEMBUAT
* Bakar bawang merah
* Haluskan bawang, cabai, kencur, garam, gula.
* Rebus air dan bumbu halus sampai mendidih
* Masukkan air jeruk limau, oncom bakar dan kemangi.
* Masak sampai matang. Angkat & sajikan.

Gimana, gampang kan cara membuat Sambal Goreng Oncom Sate Maranggi ini? Selamat mencoba... ;)
Continue Reading...

Wednesday, April 13, 2011

E-Mail Jebakan Pencuri Password Facebook

Ada banyak cara yang biasa dilakukan para penjahat pencuri password (kata sandi) akun Facebook seseorang. Salah satunya melalui pengiriman surel/surat elektronik (e-mail) pemberitahuan dari pihak otoritas Facebook bahwa (seolah-olah) kata sandi akun Facebook kita telah berganti. Seperti yang saya alami pagi ini.

Surel tersebut dikirim dengan judul "Password has been changed" dan sempat membuat saya terkejut beberapa saat. Namun setelah dibuka, barulah saya yakin itu hanyalah ulah scammer atau para penjahat yang memang kerap melancarkan aksi kejahatannya demi mendapat akses secara "sah" terhadap sebuah akun Facebook.

Lihat saja screenshot e-mail jebakan pencuri password Facebook yang saya terima ini:
E-Mail Jebakan Pencuri Password Facebook


Meskipun secara sepintas bisa saja orang awam meyakini surel itu benar-benar dikirimkan oleh otoritas Facebook karena alamat surel pengirimnya support@facebook.com. Terlihat meyakinkan bukan? Tapi kita harus lebih teliti lagi untuk dapat mempercayai bahwa surel yang kita terima benar-benar berasal dari otoritas Facebook yang sah dan legal.

Berikut ini beberapa alasan lain yang membuat saya yakin surel yang saya terima bukanlah berasal dari Facebook asli:
  1. Menggunakan nama pengirim Administration of Facebook, padahal kalau surel pemberitahuan asli dari Facebook hanya menggunakan nama pengirim Facebook.
  2. Menggunakan alamat pengirim surel support@facebook.com, padahal surel aslinya menggunakan password_change+blablabla@facebookmail.com.
  3. Tidak menyebutkan nama pengguna dengan jelas! Hanya menggunakan kalimat sapaan umum "Dear user of Facebook". Karena memang si pengirim ini hanya mengirimkan surel secara random atau acak, sehingga mana tau dia pemilik surel yang dikirimi itu menggunakan nama apa di akun Facebooknya!
  4. Isi surel palsu mengatakan bahwa mereka telah melakukan pengubahan kata kunci secara otomatis dengan alasan keamanan. Sungguh tindakan yang kurang ajar kalau itu dilakukan oleh penyedia layanan profesional! Apapun alasannya jika mereka profesional mereka tidak memiliki hak secuil pun untuk mengubah-ubah kata sandi pengguna tanpa ijin. Maka kita akan dapati bahwa di surel yang aslinya hanya memberitahukan bahwa Anda telah melakukan pengubahan kata sandi dan disertakan tautan penolak jika bukan Anda yang melakukan pengubahan tersebut.
  5. Signature atau tanda tangan yang mengakhiri isi surel pun sangat jauh berbeda. Simak saja perbedaannya pada screenshot surel asli dari Facebook dibawah ini.
  6. Yang paling penting adalah, dalam surel palsu mereka menyertakan attachment atau lampiran berisi sebuah berkas. Entah apa isinya, tapi dari pengetahuan saya didalamnya dapat tersembunyi sebuah aplikasi jahat seperti trojan yang dapat mencuri identitas dari komputer Anda. Bukan hanya soal akses ke akun Facebook Anda, tapi juga bisa termasuk hal-hal lain seperti informasi kartu kredit, dlsb. Oleh karenanya, jangan pernah sekalipun Anda menyentuh berkas lampiran tersebut.
Nah, ini dia screenshot surel asli dari Facebook jika Anda telah melakukan pengubahan password. Silahkan simak perbedaannya dengan screenshot surel palsu diatas.
E-Mail Jebakan Pencuri Password Facebook

Semoga sedikit tips ini bisa membantu Anda terhindar dari e-mail jebakan pencuri password Facebook. Jangan lupa informasikan juga kepada kerabat Anda lho... ;)
Continue Reading...
 

Catatan Mami Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID