Thursday, March 22, 2012

10 Gaya Kepemimpinan "Nyeleneh" ala Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

Siapa yang tak kenal Dahlan Iskan? Seorang mantan CEO Jawa Pos yang kini menjabat Menteri BUMN ini memang kerap membuat kejutan dalam melaksanakan jabatan publiknya. Terakhir, Dahlan Iskan 'ngamuk' di pintu tol Semanggi lantaran melihat antrean mobil yang terlalu panjang dan kemudian mempersilahkan mobil-mobil itu untuk keluar tol tanpa harus membayar agar antrean di pintu tol cepat mencair.

Gaya kepemimpinan seperti ini memang sesekali perlu dilakukan demi memecah kebuntuan dan kebekuan birokrasi pemerintah yang terkesan 'lelet' alias 'lemot'. Meski ada saja orang-orang yang mencibir tindakan seperti ini, tapi toh kebanyakan masyarakat menyukainya lantaran dianggap mewakili 'rasa muak' mereka pada kinerja pejabat publik di negeri ini.

Mau tahu 10 Gaya Kepemimpinan Tak Lazim atau "Nyeleneh" ala Dahlan Iskan lainnya selama beliau menjabat sebagai pejabat publik di Indonesia? Silahkan disimak:

1. Hanya memanggil Direktur Utama BUMN untuk rapat. Ia juga mengurangi frekuensi rapat tatap muka dan mengintensifkan komunikasi melalui BlackBerry Messenger.

2. Inspeksi mendadak dengan menumpang kereta Commuter Line PT Kereta Api Indonesia ketika akan menghadiri rapat kabinet di Istana Bogor.

3. Rapat pimpinan Kementerian BUMN setiap pekan tak lagi dilakukan di kantor Kementerian, tapi bergantian di kantor-kantor BUMN.

4. Mengganti direksi BUMN yang dianggap tak sukses, di antaranya direksi PT Industri Kapal Indonesia dan PT PAL Indonesia.

5. Menawarkan sisa saham PT Garuda Indonesia Tbk ke lima pengusaha nasional lewat pesan pendek (SMS).

6. Mengusulkan penutupan Petral, anak usaha PT Pertamina, yang kerap disebut-sebut sebagai sarang korupsi.

7. Membuat gudang data calon Direktur BUMN. Dengan sistem baru ini, gonjang-ganjing di tubuh manajemen bisa dihindari.

8. Menolak menggunakan mobil dinas Kementerian dan lebih memilih menggunakan mobil pribadinya, Mercedes-Benz bernomor polisi L-1-JP.

9. Mencanangkan program antrean pintu tol maksimal lima mobil.

10. Mengusulkan BUMN yang masih menyewa gedung pindah ke gedung Kementerian BUMN agar lebih hemat.

2 comments:

dian pelangi on March 26, 2012 at 5:51 AM said...

pak dahlan iskan memang pemimpin yang luar biasa...

Dimaz Julio on June 15, 2012 at 10:22 AM said...

berikut penulisan yang membahas mengenai gaya kepemimpinan

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1320/1/11207034.pdf

Post a Comment

Jangan Lupa Komentarnya Yah

 

Catatan Mami Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID