Wednesday, June 26, 2019

Apakah Imajinasi itu Penting?

Liburan sekolah tahun ini terbilang cukup lama hampir 2 bulan dari akhir Ramadhan sampai nanti bulan Juli, untuk saya sendiri ini moment untuk istirahat dari bangun pagi 😁, tapi tidak untuk para bocil libur terlalu lama itu bikin suntuk, harus cari tempat liburan.

Nah weekend kemaren para bocil ini pergi liburan dengan Eyangnya cari yang dekat saja 😀 (hemat ongkos) kebetulan di dekat rumah ada tempat pemancingan keluarga yang fasilitasnya lumayan buat hiburan dari pemancingan sampai water boom.

Kedua kakaknya pergi berenang si bontot lebih milih main becak mini dengan temannya sambil ngambisin bekal jajanannya, selain main becak dia juga ikutan wahana mewarnai dan alhasil kurang dari 10 menit sudah kelar drengdrengdreng ini dia mahakarya bontot 😂😂😂




 Ditanya utinya : " dede udah selesai?cepet amat?"
Adek :" udah, ini (sambil nunjukin hasil mewarnainya)"
Uti : "itu gambar apa de?"
Adek :"ini tayo di tutupin"
Uti : 😂😂😂😂 

Taukah bunda ternyata imajinasi anak itu terkadang di luar pemikiran kita, menurut kita coretan si kecil itu cuma garis garis tapi menurut si kecil itu ular, termasuk sikecil saya ini menurut saya dan utinya hanya warana yang di tumpuk tumpuk, tapi menurut dia "tayo ditutupin".

Apakah Imajinasi itu Penting? 

“Imajinasi lebih penting dari pengetahuan.”

–Albert Einstein.

Imajinasi adalah ruang yang bebas, tanpa aturan. Sementara pengetahuan adalah sebuah informasi yang kandungannya sudah terstruktur. Dalam hal melihat dunia, orang dewasa menggunakan pengetahuan, sedangkan anak-anak menggunakan imajinasi.

Salah satu genius dunia, Albert Einstein, punya opini menarik terkait imajinasi. Menurutnya, imajinasi lebih penting dari pengetahuan. Melalui imajinasi, terciptalah pengetahuan-pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Bagi anak-anak, imajinasi sangat penting untuk mengembangkan kreativitas dan juga pengertiannya tentang dunia.

Imajinasi pada setiap anak tidaklah sama. Ada anak-anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dan tidak jarang pula ada anak yang tingkat imajinasinya lemah. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk membangun imajinasi anak supaya tumbuh kembang anak bisa berjalan secara optimal.

Kemampuan anak dalam berimajinasi tidak terlepas dari bagian otak kanan yang mendukung kecerdasan anak. Pada usia balita, imajinasi juga menjadi bagian penting dari tugas perkembangan. Ada banyak sekali manfaat imajinasi anak, berikut rangkumannya.

  1.       Menjadikan anak cepat bersosialisasi dan berkomunikasi.
  2.       Menjadikan anak berpikir kreatif dan cepat menganalisa sesuatu.
  3.       Membuat anak lebih mandiri dan percaya diri.
  4.       Memunculkan minat dan bakat anak.
Bagaimana Cara Menumbuhkan Imajinasi?

  1. Temani Anak Bermain
  2. Hindari Berlebihan Melarang Anak
  3. Beri Apresiasi yang Positif
  4. Ciptakan Suasana Rumah yang Aman dan Menyenangkan


0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentarnya Yah

 

Catatan Mami Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID