Tuesday, June 12, 2012

Dunia ifat datang lagi

" Hampa terasa hidupku tanpa " sepenggal lirik lagu yang di nyanyikan Ari Laso ini membuat kerinduanku terhadap dunia maya khususnya dunia blog sedikit terobati karena sekarang Dunia Ifat kembali lagi untuk ikut meramaikan dunia blogger Indonesia :)

Hampir 1 tahun lebih nih gk di update sendiri hampir semua tulisan yang terposting dapet Papinya Raya...dan sekarang saya sendiri yang update semua blog, khusus blog ini saya akan update tentang si kecil Raya :)

Raya????Siapa tuch ??? ada dech...tungggu postingan selanjutnya, ok!

Continue Reading...

Tuesday, April 10, 2012

Unpublished Story of Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid Siang yang terik tak mengurangi antusiasme warga Pleret Bantul berkumpul di lapangan Pleret. Duka akibat gonjangan gempa dua pekan lalu yang menewaskan ribuan orang juga belum hilang. Apa yang membuat mereka begitu antusias mendatangi lapangan?

Hari ini, ada tamu istimewa yang hadir ke desa mereka di Pleret Bantul. Tamu itu adalah Hidayat Nur Wahid, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pak Dayat, begitu beliau dipanggil akan berkunjung ke desa yang terkena dampak gempa sangat parah di Yogya sekaligus peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari donatur. Masyarakat begitu merindukan kehadiran pejabat negara yang memang juga berasal dari daerah yang dekat dengan lokasi mereka. Menurut berita, Pak Dayat keluarga Pak Dayat di Klaten juga terkena musibah gempa.

Siang makin terik, masyarakat tak juga melihat ada tanda-tanda seorang pejabat negara datang. Tiba-tiba saja, bunyi microphone dari tengah lapangan berbunyi.

"Yang Terhormat, Ketua MPR, Bapak Hidayat Nur Wahid selamat datang di desa kami."

Suara pembawa acara sudah bergema sampai terdengat sekitar 25 m dari tempat acara yang berada di tengah lapangan.

"Loh, sudah datang, toh. Kapan datangnya?"

"Sudah lima belas menit lalu, Pak" saya menimpali pertanyaan seorang bapak tua yang dari tadi menunggu kedatangan Ketua MPR itu.

"Loh, biasanya ada sirine dan banyak polisi toh. Lah, ini seperti tidak ada apa-apa."

Bapak tua itu heran karena biasanya selalu ada kehebohan kendaraan pengawal dan rombongan pejabat lainnya yang mengiringi. Ternyata Pak Dayat menaiki mobil biasa tanpa pengawalan. Bahkan Camat Pleret sampai tergopoh-gopoh mengejar Pak Dayat karena keduluan ketua MPR datangnya.

Acara diadakan di tengah lapangan. Para pejabat disediakan kursi empuk sementara warga hanya duduk lesehan beralaskan tikar. Ketika giliran Pak Dayat memberi sambutan, beliau kemudian turun dari kursinya dan duduk lesehan.

"Maaf Bapak Ibu, bukannya saya tidak menghargai, supaya kita lebih dekat. Saya duduk nggih." Begitulah perkataan yang saya tangkap dari obrolan beliau dengan warga dalam bahasa jawa yang sangat halus. Akhirnya pejabat dan tokoh masyarakat yang mendampingi Pak Dayat ikut lesehan. Jadilah kursi empuk yang disediakan panitia jadi kosong melompong.

Saya kagum dengan sikap sederhana beliau. Datang tidak mau merepotkan dan ketika diberi fasilitas beliau memilih fasilitas yang sama dengan warga.

Setelah acara peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan untuk korban gempa yang difasilitasi oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Pak Dayat dikerumuni oleh warga untuk bersalaman. Beliau menyambut uluran tangan warga dengan senyum sambil menyempatkan berbincang walau sejenak.

"Assalamu'alaikum, Pak Dayat." Saya memberanikan diri menyapa beliau.

"Wa'alaikum salam. Apa Kabar Mas. Terima kasih ya sudah bantu."

Terkesiap saya menerima uluran tangan dan kata-kata yang indah ini. Kata-kata beliau memberi energi baru bagi saya untuk menjalani tugas kemanusiaan sebagai relawan di Jogja saat itu, Juni 2006. Keletihan saya selama sepekan mendadak sirna oleh sapaan hangat dan rendah hati dari seorang pejabat tinggi negara.

Saya menjadi saksi atas pengakuan banyak orang tentang kesederhanaan dan kerendahan hati Dr. Hidayat Nur Wahid yang saat ini mencalonkan diri menjadi Calon Gubernur Jakarta. Warga Jakarta kini memiliki banyak pilihan untuk mengangkat pemimpin daerahnya dan Hidayat Nur Wahid memberikan pilihan bagi warga yang ingin pemimpin berkarakter sederhana, rendah hati serta dekat dengan rakyat.

Achmad Siddik | @achmadsiddik
Relawan Gempa Jogja | Perawat Komunitas Pohon Inspirasi

*http://politik.kompasiana.com/2012/03/22/kisah-yang-tak-terliput-dari-hidayat-nur-wahid/
Continue Reading...

Saturday, April 7, 2012

Siapa Pengkhianat Dalam Koalisi, PKS atau Setgab?


Berikut ini adalah #KulTwit ustadz Mahfudz Siddiq, Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, menanggapi isu pengkhianatan PKS oleh Sekretariat Gabung (Setgab) Demokrat, Golkar, PAN, PPP, dan PKB.

1. Nih "Pengkhianatan Koalisi PKS" versi Setgab: 1. Dukung angket Century, 2. Dukung angket mafia pajak dan 3. Tolak naik harga BBM.

2. Apakah untuk 3 kasus tsb koalisi satu suara? Tidak. Bbrp partai koalisi beda dgn pemerintah. Tp label "pengkhianat" ditujukan hanya ke PKS.

3. PKS dukung angket Century jelas krn perampokan Bank yg kemudian ditutup uang negara hrs diusut dan tdk boleh jadi pola berulang!

4. PKS dukung angket mafia pajak jelas krn rugikan potensi penerimaan keuangan negara puluhan bahkan ratusan trilyun per-tahun. Kasus Gayus??

5. PKS tolak harga BBM naik jelas krn masih ada solusi lain dan masy tdk siap dan tdk mampu. Faktanya skrg harga minyak dunia terus turun!

6. Sekarang media ributkan "kejanggalan" APBNP yg diduga ada "barter" soal uang negara tuk gantirugi korban "Lapindo". Ada kaitan dgn isu BBM??

7. Jika ada yg paham hebatnya mafia BBM di Indonesia, siapa paling diuntungkan jika BBM subsidi jadi naik 1 april lalu? Pastinya bukan PKS!

8. PKS koalisi dgn Pres SBY krn mau bantu negara dan rakyat. Bukan bantu seorang SBY dan PD. http://yfrog.com/odtjtgsj

9. Koalisi pernah disebut pengamat sbg "kerumunan politik yg sarat kepentingan". Jadi wajar kalo ada intrik, saling incar, belah bambu, etc!

10. Saya tdk kaget jika seorang Ketum partai besar tiba2 jadi jubir istana tuk katakan bhw "PKS tlah berkhianat". Kami tdk akan komen ttg Anda!

11. Saya jg tdk kaget ktk bbrp partai Islam minta PKS tdk dukung PT tinggi yg diusul 3 parpol besar dlm UU Pemilu. Kami setuju. Lalu Anda skrg??

12. Banyak pihak nilai pemerintah asyik dgn pencitraan. Aneh saat PKS tolak harga BBM naik, buru2 mereka tuding PKS cari pencitraan. Haha..?!

13. 2 periode, PKS tahu persis bgm manajemen koalisi dijalankan. Yakinkah bhw proses pengambilan keputusan baik jika style leadership sprt ini?

14. Amar ma'ruf - Nahi munkar: prinsip PKS dlm berpolitik, baik di dalam ataupun di luar pemerintahan. Katakan kebenaran meski pahit (resikonya)

15. PKS tdk punya media besar tuk bangun opini. Media kami adl nurani & akal sehat rakyat ini yg paham soal century, mafia pajak & kisruh BBM!

16. PKS mmg partai seumur jagung tp pelajaran sejarah menyambung umur perjuangan kami tuk sadar dan paham bertindak. Meski banyak yg blm sadari.

17. Kepada kader PKS trus arungi gelombang samudera dgn sampan kecil kalian! Kelak kapal2 besar yg akan karam akan butuh "tangan" kalian!

18. Kader PKS: Trus pelajari sejarah, firasati keadaan dan bertindak tanpa pamrih untuk kebaikan sebanyak2nya orang di sekeliling kalian!

19. Selamat berhari libur, tp jgn sekali2 liburkan nurani & akal kita! Rakyat negeri ini sdh lama lelah dgn keadaan, tp mrk msh simpan harapan!
Continue Reading...

Wednesday, March 28, 2012

Siapakah Ahok?

Siapakah Ahok?
Siapakah Ahok? Banyak yang belum kenal padahal reputasi dan prestasi politiknya sangat mengesankan dan luar biasa.

Di kalangan pendukungnya, pemilik nama asli Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. dengan nama lahir Tionghoa, Zhong Wan Xie, ini digadang-gadang sangat layak menjadi pendamping Pak Joko Widodo untuk memimpin DKI Jakarta berdasarkan kapasitas dan kekayaan pengalaman dan beragam aspek. Beliau menjunjung tinggi nilai-nilai jujur, bersih, transparan, professional dan pro-rakyat.

Disini saya tidak akan membahas profil lengkapnya, karena Anda bisa baca sendiri di Wikipedia Indonesia. Namun yang ingin saya bagi adalah kisah dan pengalaman pribadi @erikarlebang yang dituliskannya di Twitter beberapa waktu lalu.

Silahkan disimak...

1. Siapa itu @jokowi_do2 mungkin sudah tidak perlu dipapar panjang lebar. Rasanya media sudah lama menceritakan sepak terjang fantastis beliau.

2. Tapi siapa Ahok? Siapa itu pemilik akun twitter @basuki_btp nah! Banyak yg belum kenal, asing! Padahal reputasinya tidak kalah mengesankan.

3. Jujur, dalam hidup saya banyak berinteraksi dengan beragam orang di berbagai belahan dunia. Saya bisa bilang @basuki_btp salah satu yang unik!

4. Sebentar lagi saya akan bercerita mengenai tokoh @basuki_btp ini dari sisi yang lebih personal. How I believe he can make a change.

5. Awal perkenalan dengan @basuki_btp sewaktu saya baru saja pensiun sebagai komandan redaksi majalah waralaba internasional #Ahok

6. Membangun majalah dari nol serta bekal ilmu sebagai ex pekerja iklan dan komunikasi visual. Membuat saya kenal bisnis ini secara lengkap #Ahok

7. Saya terbiasa dijadikan konsultan utk memberi masukan lahirnya media baru, khususnya media cetak. Dari sini saya kenal @basuki_btp #Ahok

8. Rekan (alm) Alfred Daniel menghubungi, "Eh, ada orang 'Cina' mau buat buku tentang jalanin pemerintahan yg 'bener' nih". Saya bingung! #Ahok

9. Warga keturunan, membuat buku tentang 'jalankan pemerintahan'? Aneh! Kawan saya katakan lagi, "Dia bupati 'Cina' pertama di Indonesia" #Ahok

10. Saya: "Dimana?"| Alfred: "Belitung Timur!"| Ha?! Lebih aneh lagi. Itu kan daerah Islam, kalau gak salah kantung partai Bulan Bintang #Ahok

11. Kok bisa warga keturunan Tionghoa (yg pasti non muslim) menjadi kepala daerah di daerah mayoritas muslim? Pasti menarik nih! #Ahok

12. Singkatnya saya bertemu langsung dengan @basuki_btp. Kesan pertama? Jujur unik sekali. Tipikal sosok peranakan Tionghoa yang modern #Ahok

13. @basuki_btp langsung menempatkan dirinya dengan akrab, terlalu akrab malah. 'Gue-Lu' adalah cara dia bahasakan orang pertama dan kedua #Ahok

14. Tata bahasanya untuk ukuran pejabat, bisa dibilang agak 'amburadul', sangat tidak birokratis. Tapi alurnya terjaga, khas orang cerdas! #Ahok

15. Dan yg membuat saya terkagum adalah ketaktisan dalam mencari solusi sebuah masalah. Iseng saya bertanya tentang masalah pemerintahan #Ahok

16. Jawabannya? Luar biasa! Sangat praktis dan memihak rakyat. Keheranan saya kenapa ia bisa terpilih di daerah muslim? Luntur seketika #Ahok

17. @basuki_btp kebetulan bukan orang pelit ilmu. Bila punya waktu, ia senang berbicara bertukar wawasan. Sila bertanya masalah birokrasi #Ahok

18. Beda sekali jawaban yg ia beri tentang masalah pelik birokrasi dengan para cendekia di media. @basuki_btp beri jawaban praktis dan real! #Ahok

19. Semisal keterbatasan dana pembangunan daerah, @basuki_btp jujur mengakui kekurangan disana-sini dan kepelikan lika-liku birokrasi #Ahok

20. Tapi disaat yg sama ia juga beri solusi cerdas atas masalah itu. Masalahnya solusi itu hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yg jujur #Ahok

21. Semisal tentang dan proyek pembangunan jalan. Dana yg turun dari provinsi sangat pas-pasan bila dikaitkan dengan biaya proyek regular #Ahok

22. "Pas pemilik proyek tanya ke gue, pak bupati minta bagian berapa? Wah! Ngaco lu! Ngapain kasih ke gue? Bikin proyek yg bener aja" #Ahok

23. Ternyata meng-cut 'biaya' utk orang pertama daerah otomatis mengefisiensikan banyak 'biaya siluman' lain yang umumnya ada. Ya iyalah! #Ahok

24. Bagaimana mungkin orang 'dibawah' minta macam-macam? Kalau bosnya gak minta atau mendapat apapun?! Walhasil pemilik proyek kegirangan #Ahok

25. Dengan cara sederhana ini, banyak sekali pembangunan infrastruktur dimungkinkan terjadi di Belitung Timur. Pengusaha berebut tender #Ahok

26. Dan berusaha beri yang terbaik dari setiap proyek yang 'dikerjakan'. Karena tahu, kalau 'macam-macam', alamat gak diajak tender lagi #Ahok

27. "Kata bokap gue, kalau mau ngebenerin sesuatu, harus dimulai dari atas!" Lalu @basuki_btp kutip sebuah pepatah Cina yg warisan ayahnya #Ahok

28. "Kalau kepala lurus, badan gak mungkin bengkok!" Maksudnya saat pemimpin jujur dan 'lurus', yg dibawah sulit utk melakukan manipulasi #Ahok

29. Tapi terlepas dari masalah kejujuran yg terpatri mati dalam diri @basuki_btp basisnya sebagai pengusaha membuatnya realistis & taktis #Ahok

30. Ia tahu bagaimana memadukan idealisme dan realitas di lapangan agar tidak berbenturan. Tipikal seorang pengusaha yang bekerja beneran #Ahok

31. Bekerja beneran, karena walau anak orang kaya, @basuki_btp berayahkan seorang idealis yg acap berperan seperti Robin Hood bagi sesama #Ahok

32. Akibatnya kekayaan mereka sering terkuras oleh tindakan sang ayah. "Bertahun-tahun pertama kerja, cuma buat abisin utang bapak gue" #Ahok

33. Sebuah padanan serasi pelengkap birokrat ideal. Kecerdasan, ketaktisan, wibawa dan terjaga oleh idealisme tingkat tinggi #Ahok

34. Saya gak asal berdasar cerita @basuki_btp semata. Saat bersama berkunjung ke Belitung Timur, di kota yg ada dlm buku 'Laskar Pelangi' #Ahok

35. Saya melihat sosok sangat merakyat. Hampir di setiap sudut daerah @basuki_btp selalu dihampiri oleh semua orang antusias ajak bicara #Ahok

36. Dari mulai kalangan papan atas daerah, kaum terpelajar sampai ke buruh lahan garapan, antusias saat berbicara dengan beliau #Ahok

37. Lepas bupati Belitung Timur (dgn cerita tersendiri) @basuki_btp menjadi anggota DPR, ini jadi semacam ujian. Bisakah ia tetap 'lurus'? #Ahok

38. Seperti kita tahu bagaimana reputasi anggota DPR? Bagaimana institusi itu acap rubah citra yang dikenal 'lurus' menjadi 'tidak lurus' #Ahok

39. Ternyata @basuki_btp menjadi segelintir anggota DPR yang selalu melaporkan apa dilakukan secara detil dalam setiap tugasnya #Ahok

40. Laporan itu bisa diakses website yg dibuat khusus oleh @basuki_btp (sayang saya lupa namanya). Cara ini rupanya tidak terlalu disukai #Ahok

41. http://t.co/a6sokMOp RT @erikarlebang: Laporan itu bisa diakses website yg dibuat khusus oleh @basuki_btp (cont) http://t.co/pJBQKrZ3

42. @basuki_btp acap bercerita betapa ia acap dianggap sebagai tokoh antagonist di dewan kehormatan wakil rakyat itu. "Nyusahin org lain" #Ahok

43. "Ah, yang penting gue berani dicek! Silahkan liat kekayaan gue berapa? Pajak gue ada yg nunggak gak? Semua gue buka bisa dicek" #Ahok

44. Ia juga bercerita, "Sekarang gue hidup dari gaji DPR doang. Uang gue pas-pasan, gak melarat tapi harus mikir kalau mau beli ini-itu" #Ahok

45. Ia pun bercerita bahwa demi memelihara integritas ia lepas jabatannya sebagai komisaris perusahaan pertambangan swasta saat masuk DPR #Ahok

46. "Duit gak banyak, tiap ada uang mending beli asset buat jaga masa depan keluarga. Kali-kali gue kenapa-kenapa" kata @basuki_btp #Ahok

47. Demikian cerita singkat tentang @basuki_btp utk menepis isu minor mengenai kenapa ia yang mendampingi @jokowi_do2 bukan orang lain? #Ahok

48. @basuki_btp bisa dan sangat layak menjadi pendamping @jokowi_do2 dalam memimpin DKI. Berdasar pada kapasitasnya dalam beragam aspek! #Ahok


Tulisan ini bukan dalam rangka dukung-mendukung salah satu kandidat calon gubernur maupun calon wakil gubernur DKI Jakarta lho ya, tapi hanya sekedar sharing personalitas dari tokoh-tokoh Indonesia yang layak diangkat. Insya Allah tulisan-tulisan selanjutnya juga akan membahas calon gubernur maupun calon wakil gubernur DKI Jakarta yang lain. Tunggu saja!
Continue Reading...

Tuesday, March 27, 2012

Catatan Kontroversial Dahlan Iskan

Karikatur Dahlan Iskan


Sebelumnya, saya sudah menulis tentang 10 Gaya Kepemimpinan "Nyeleneh" ala Dahkan Iskan. Sekarang ada cerita dari sisi yang lain yang dituliskan oleh pemilik akun Twitter @TrioMacan2000.

Bukan untuk mencari-cari kesalahan, karena tanpa dicari pun pasti pak Dahlan Iskan punya banyak seperti kita semua yang --alhamdulillah-- masih manusia. Tapi tulisan ini hanya sebagai informasi penyeimbang dari berita-berita sebelumnya dengan tujuan memberi pengawalan dan penjagaan agar pak Dahlan Iskan tetap "lurus" dan amanah dengan janji-janjinya. Karena walau bagaimanapun, kita harus akui butuh pemimpin dengan gaya seperti beliau.

Silahkan disimak...

1. Dahlan Iskan itu sosok yang cerdas, cekatan, cerdik, unik. Terbukti sebagai pengusaha sukses. Dia raja media No. 2 terbesar setelah Jacob Utama.

2. Sebagai mantan wartawan dan konglomerat media, Dahlan Iskan tahu persis bagaimana memanfaatkan media untuk tujuan-tujuan tertentu termasuk pencitraan diri.

3. Di berbagai kesempatan, Dahlan selalu menekankan pentingnya pencitraan diri. Jika citra bagus, dia bisa buat apa saja dengan dukungan publik.

4. Untuk itu saya tuliskan Catatan Kontroversial Dahlan Iskan selama jadi menteri BUMN. Tujuannya agar publik dapat menilai DI yang sebenarnya.

5. Catatannya dimulai dari sikap Dahlan Iskan yang mengatakan tidak akan pakai staf khusus menteri. Ini terkait isu-isu negatif tentang staf khusus.

6. Faktanya, sampai sekarang Dahlan Iskan tetap pakai staf khusus. Masih ada Abdul Aziz cs sebagai Staf Khusus di KemenBUMN. Dahlan berbohong?

7. Dahlan Iskan bilang akan kurangi rapat-rapat dengan direksi BUMN dan akan maksimalkan rapat-rapat dengan Grup BBM. Faktanya: Dahlan jarang aktif di BBM.

8. DI bilang akan menertibkan dan tingkatkan pelayanan KA di Indonesia. Faktanya: setelah SiDak DI ke KA yg heboh itu, ga ada kelanjutannya.

9. Dahlan Iskan bilang akan ganti semua direksi BUMN yang korup, lamban dan manja. Fakta: direksi korup yang malah diangkat bahkan dipromosikan.

10. Dahlan bilang bahwa akan pecat direksi yang jadi antek partai. Fakta: Dahlan malah tunjuk Megananda antek Golkar, 62 tahun jadi Dirut Holding.

11. Dahlan Iskan janji di depan SBY dan BEJ bahwa sanggupi IPO 8 BUMN pada tahun 2012. Fakta: Dahlan hanya sanggup 1 IPO sesuai suratnya ke DPR.

12. Dahlan Iskan tinggalkan PLN dan tunjuk direksi baru. Janji masalah PLN sudah selesai. Fakta: PLN masih byar pet di seluruh Indonesia.

13. Dahlan Iskan tolak jual saham Garuda ke asing, janji bantu jualkan ke pengusaha-pengusaha lokal. Fakta: SMS-SMS Dahlan ke pengusaha-pengusaha dicuekin.

14. Dahlan Iskan janji menutup dan bubarkan Petral (broker impor minyak Pertamina yang korup). Fakta: Dahlan Iskan gagal. Petral ga jadi bubar.

15. Dahlan Iskan janji bebaskan bayar tol jika pintu tol masih antri lebih 5 mobil. Fakta: Jasa Marga minta waktu 1 minggu. Kita tunggu!

16. Dahlan Iskan perintahkan BUMN-BUMN yang masih sewa kantor untuk pindah ke kantor KemenBUMN. Fakta: belum ada 1 BUMN pun yang pindah kantor!

17. Dahlan Iskan janji selesaikan masalah antri panjang belasan KM di Merak-Bakaehuni. Fakta: sampai sekarang masih macet belasan KM. Makin parah.

18. Dahlan Iskan janji akan selesaikan masalah kronis PT PAL. Fakta: sampai sekarang PT. PAL tak ada kelanjutan penyelesaiannya oleh Dahlan.

19. DI janji tunjuk direksi-direksi BUMN yang muda dan energik. Fakta: mayoritas direksi BUMN yang sudah tua dan belasan tahun menjabat tetap dipertahankan.

20. Dahlan Iskan janji akan benahi BUMN Perbankan. Faktanya: BNI dan BTN yang penuh korupsi dan direksinya busuk ga berani disentuh Dahlan.

21. Dahlan Iskan janji akan tingkatkan laba BUMN-BUMN. Faktanya: Dahlan Iskan tidak gunakan bench mark dalam penilaian kinerja dan senang dijilat-jilat.

22. Dahlan Iskan berjanji akan bersihkan internal kemenBUMN. Faktanya: Dahlan Iskan jarang di kantor dan serahkan semuanya pada Wakil Menterinya.

23. Sekian dulu tentang janji-janji Dahlan Iskan yang sering dimuat di media, yang dapat simpati luas, tapi jarang diperhatikan realisasinya oleh publik.

24. Tujuan saya mengetwit janji-janji Dahlan Iskan ini semata-mata untuk pencerahan kepada publik, sekaligus untuk kontrol dan cermati kinerja DI yang sebenarnya.
Continue Reading...
 

Dunia Ifat , Raya dan Rafa Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID