Friday, December 16, 2011

Mengumandangkan Adzan Sesudah Waktu Sholat Lewat

Adzan Sebagian dari kita barangkali masih bingung perihal hukum mengumandangkan adzan ketika telah lewat awal masuknya waktu sholat, apakah masih boleh beradzan atau tidak?

Seperti kejadian yang dialami oleh suamiku pagi ini, yang kemudian ia tuliskan di Twitter-nya lengkap dengan dalil/hujjah hadits-hadits penjelasnya. Silahkan disimak #KulTwit-nya berikut ini, semoga mampu menjawab permasalahan serupa yang Anda hadapi.

1. pagi ini bangun jam 4:07, sementara subuh 4:08. Langsung tunaikan hajat, sikat gigi dan cuci muka sampai 4:20. Padahal #adzan di masjid lain sudah lama selesai.

2. karena ragu, antara pergi ke masjid depan rumah untuk kumandangkan #adzan/tidak, akhirnya demi kehati2an kupilih sholat sendiri dirumah

3. yang mendasariku adalah bahwa #adzan harus dikumandangkan di awal waktu masuknya sholat. Sebagaimana hadits riwayat Malik bin Huwairits radhiyallahu'anhu..

4. "Rosululloh s.a.w. bersabda kepada kami, 'Bila waktu sholat telah tiba, hendaklah ada dari kamu yang beradzan.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

5. namun selesai sholat, ada ketidaknyamanan yang kurasakan. Ada sesuatu yang kurang rasanya. Satu sholat jama'ah telah kulewatkan pagi ini. #adzan

6. akhirnya kugali lagi ilmu syariah dalam bab #Adzan. Dan, kutemukan dalam hadits shahih Imam Bukhari nomor 595 yg menjelaskan perkara ini.

7. #adzan | Diriwayatkan dari Abu Qatadah r.a, dia berkata:
"Pada suatu malam kami menempuh perjalanan bersama Nabi s.a.w., sebagian orang mengatakan:..

8. #adzan | 'Ya Rosululloh! Sebaiknya kita beristirahat menjelang pagi ini.' Rosululloh s.a.w. bersabda: 'Aku khawatir kalian tidur nyenyak sehingga melewatkan sholat subuh.'

9. #adzan | Kata Bilal: 'Saya akan membangunkan kalian.' Mereka semua akhirnya tidur, sementara Bilal menyandarkan punggungnya pada hewan tunggangannya, namun Bilal akhirnya tertidur juga.

10. #adzan | Nabi s.a.w. bangun ketika busur tepian matahari sudah muncul. Kata Nabi s.a.w.: 'Hai Bilal! Mana bukti ucapanmu?!' Bilal menjawab: 'Saya tidak pernah tidur sepulas malam ini.'

11. #adzan | Rosululloh s.a.w. bersabda: 'Sesungguhnya Alloh mengambil nyawamu kapanpun Dia mau dan mengembalikannya kapanpun Dia mau. Hai Bilal! bangunlah dan suarakan azan!'

12. #adzan | Rosululloh s.a.w. berwudhu, setelah matahari agak meninggi sedikit dan bersinar putih, Rosululloh s.a.w. berdiri untuk melaksanakan sholat."

13. demikianlah ilmu yang baru kuperoleh pagi ini, tentang perkara mengumandangkan #adzan ketika telah lewat awal masuknya waktu sholat.

14. semoga Alloh mengampuni kekhilafan atas perkara yang belum kuketahui ilmu tentangnya dan menyampaikanku pada ilmu-ilmuNya yang lain. Aamiin!


Jadi kesimpulannya, boleh kita mengumandangkan adzan apabila terdapat hambatan untuk tidak dapat mengumandangkannya tepat waktu sesaat begitu masuknya waktu sholat. Namun demikian, sekiranya agar ketidaktepatan waktu ini tidak menjadi kebiasaan apalagi bagi orang-orang yang memang biasanya menjadi muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) agar ummat Islam tidak dirugikan dan terbiasa sholat tepat waktu.

Wallohu'alam bish showab.

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentarnya Yah

 

Catatan Mami Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID