Wednesday, March 28, 2012

Siapakah Ahok?

Siapakah Ahok?
Siapakah Ahok? Banyak yang belum kenal padahal reputasi dan prestasi politiknya sangat mengesankan dan luar biasa.

Di kalangan pendukungnya, pemilik nama asli Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. dengan nama lahir Tionghoa, Zhong Wan Xie, ini digadang-gadang sangat layak menjadi pendamping Pak Joko Widodo untuk memimpin DKI Jakarta berdasarkan kapasitas dan kekayaan pengalaman dan beragam aspek. Beliau menjunjung tinggi nilai-nilai jujur, bersih, transparan, professional dan pro-rakyat.

Disini saya tidak akan membahas profil lengkapnya, karena Anda bisa baca sendiri di Wikipedia Indonesia. Namun yang ingin saya bagi adalah kisah dan pengalaman pribadi @erikarlebang yang dituliskannya di Twitter beberapa waktu lalu.

Silahkan disimak...

1. Siapa itu @jokowi_do2 mungkin sudah tidak perlu dipapar panjang lebar. Rasanya media sudah lama menceritakan sepak terjang fantastis beliau.

2. Tapi siapa Ahok? Siapa itu pemilik akun twitter @basuki_btp nah! Banyak yg belum kenal, asing! Padahal reputasinya tidak kalah mengesankan.

3. Jujur, dalam hidup saya banyak berinteraksi dengan beragam orang di berbagai belahan dunia. Saya bisa bilang @basuki_btp salah satu yang unik!

4. Sebentar lagi saya akan bercerita mengenai tokoh @basuki_btp ini dari sisi yang lebih personal. How I believe he can make a change.

5. Awal perkenalan dengan @basuki_btp sewaktu saya baru saja pensiun sebagai komandan redaksi majalah waralaba internasional #Ahok

6. Membangun majalah dari nol serta bekal ilmu sebagai ex pekerja iklan dan komunikasi visual. Membuat saya kenal bisnis ini secara lengkap #Ahok

7. Saya terbiasa dijadikan konsultan utk memberi masukan lahirnya media baru, khususnya media cetak. Dari sini saya kenal @basuki_btp #Ahok

8. Rekan (alm) Alfred Daniel menghubungi, "Eh, ada orang 'Cina' mau buat buku tentang jalanin pemerintahan yg 'bener' nih". Saya bingung! #Ahok

9. Warga keturunan, membuat buku tentang 'jalankan pemerintahan'? Aneh! Kawan saya katakan lagi, "Dia bupati 'Cina' pertama di Indonesia" #Ahok

10. Saya: "Dimana?"| Alfred: "Belitung Timur!"| Ha?! Lebih aneh lagi. Itu kan daerah Islam, kalau gak salah kantung partai Bulan Bintang #Ahok

11. Kok bisa warga keturunan Tionghoa (yg pasti non muslim) menjadi kepala daerah di daerah mayoritas muslim? Pasti menarik nih! #Ahok

12. Singkatnya saya bertemu langsung dengan @basuki_btp. Kesan pertama? Jujur unik sekali. Tipikal sosok peranakan Tionghoa yang modern #Ahok

13. @basuki_btp langsung menempatkan dirinya dengan akrab, terlalu akrab malah. 'Gue-Lu' adalah cara dia bahasakan orang pertama dan kedua #Ahok

14. Tata bahasanya untuk ukuran pejabat, bisa dibilang agak 'amburadul', sangat tidak birokratis. Tapi alurnya terjaga, khas orang cerdas! #Ahok

15. Dan yg membuat saya terkagum adalah ketaktisan dalam mencari solusi sebuah masalah. Iseng saya bertanya tentang masalah pemerintahan #Ahok

16. Jawabannya? Luar biasa! Sangat praktis dan memihak rakyat. Keheranan saya kenapa ia bisa terpilih di daerah muslim? Luntur seketika #Ahok

17. @basuki_btp kebetulan bukan orang pelit ilmu. Bila punya waktu, ia senang berbicara bertukar wawasan. Sila bertanya masalah birokrasi #Ahok

18. Beda sekali jawaban yg ia beri tentang masalah pelik birokrasi dengan para cendekia di media. @basuki_btp beri jawaban praktis dan real! #Ahok

19. Semisal keterbatasan dana pembangunan daerah, @basuki_btp jujur mengakui kekurangan disana-sini dan kepelikan lika-liku birokrasi #Ahok

20. Tapi disaat yg sama ia juga beri solusi cerdas atas masalah itu. Masalahnya solusi itu hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yg jujur #Ahok

21. Semisal tentang dan proyek pembangunan jalan. Dana yg turun dari provinsi sangat pas-pasan bila dikaitkan dengan biaya proyek regular #Ahok

22. "Pas pemilik proyek tanya ke gue, pak bupati minta bagian berapa? Wah! Ngaco lu! Ngapain kasih ke gue? Bikin proyek yg bener aja" #Ahok

23. Ternyata meng-cut 'biaya' utk orang pertama daerah otomatis mengefisiensikan banyak 'biaya siluman' lain yang umumnya ada. Ya iyalah! #Ahok

24. Bagaimana mungkin orang 'dibawah' minta macam-macam? Kalau bosnya gak minta atau mendapat apapun?! Walhasil pemilik proyek kegirangan #Ahok

25. Dengan cara sederhana ini, banyak sekali pembangunan infrastruktur dimungkinkan terjadi di Belitung Timur. Pengusaha berebut tender #Ahok

26. Dan berusaha beri yang terbaik dari setiap proyek yang 'dikerjakan'. Karena tahu, kalau 'macam-macam', alamat gak diajak tender lagi #Ahok

27. "Kata bokap gue, kalau mau ngebenerin sesuatu, harus dimulai dari atas!" Lalu @basuki_btp kutip sebuah pepatah Cina yg warisan ayahnya #Ahok

28. "Kalau kepala lurus, badan gak mungkin bengkok!" Maksudnya saat pemimpin jujur dan 'lurus', yg dibawah sulit utk melakukan manipulasi #Ahok

29. Tapi terlepas dari masalah kejujuran yg terpatri mati dalam diri @basuki_btp basisnya sebagai pengusaha membuatnya realistis & taktis #Ahok

30. Ia tahu bagaimana memadukan idealisme dan realitas di lapangan agar tidak berbenturan. Tipikal seorang pengusaha yang bekerja beneran #Ahok

31. Bekerja beneran, karena walau anak orang kaya, @basuki_btp berayahkan seorang idealis yg acap berperan seperti Robin Hood bagi sesama #Ahok

32. Akibatnya kekayaan mereka sering terkuras oleh tindakan sang ayah. "Bertahun-tahun pertama kerja, cuma buat abisin utang bapak gue" #Ahok

33. Sebuah padanan serasi pelengkap birokrat ideal. Kecerdasan, ketaktisan, wibawa dan terjaga oleh idealisme tingkat tinggi #Ahok

34. Saya gak asal berdasar cerita @basuki_btp semata. Saat bersama berkunjung ke Belitung Timur, di kota yg ada dlm buku 'Laskar Pelangi' #Ahok

35. Saya melihat sosok sangat merakyat. Hampir di setiap sudut daerah @basuki_btp selalu dihampiri oleh semua orang antusias ajak bicara #Ahok

36. Dari mulai kalangan papan atas daerah, kaum terpelajar sampai ke buruh lahan garapan, antusias saat berbicara dengan beliau #Ahok

37. Lepas bupati Belitung Timur (dgn cerita tersendiri) @basuki_btp menjadi anggota DPR, ini jadi semacam ujian. Bisakah ia tetap 'lurus'? #Ahok

38. Seperti kita tahu bagaimana reputasi anggota DPR? Bagaimana institusi itu acap rubah citra yang dikenal 'lurus' menjadi 'tidak lurus' #Ahok

39. Ternyata @basuki_btp menjadi segelintir anggota DPR yang selalu melaporkan apa dilakukan secara detil dalam setiap tugasnya #Ahok

40. Laporan itu bisa diakses website yg dibuat khusus oleh @basuki_btp (sayang saya lupa namanya). Cara ini rupanya tidak terlalu disukai #Ahok

41. http://t.co/a6sokMOp RT @erikarlebang: Laporan itu bisa diakses website yg dibuat khusus oleh @basuki_btp (cont) http://t.co/pJBQKrZ3

42. @basuki_btp acap bercerita betapa ia acap dianggap sebagai tokoh antagonist di dewan kehormatan wakil rakyat itu. "Nyusahin org lain" #Ahok

43. "Ah, yang penting gue berani dicek! Silahkan liat kekayaan gue berapa? Pajak gue ada yg nunggak gak? Semua gue buka bisa dicek" #Ahok

44. Ia juga bercerita, "Sekarang gue hidup dari gaji DPR doang. Uang gue pas-pasan, gak melarat tapi harus mikir kalau mau beli ini-itu" #Ahok

45. Ia pun bercerita bahwa demi memelihara integritas ia lepas jabatannya sebagai komisaris perusahaan pertambangan swasta saat masuk DPR #Ahok

46. "Duit gak banyak, tiap ada uang mending beli asset buat jaga masa depan keluarga. Kali-kali gue kenapa-kenapa" kata @basuki_btp #Ahok

47. Demikian cerita singkat tentang @basuki_btp utk menepis isu minor mengenai kenapa ia yang mendampingi @jokowi_do2 bukan orang lain? #Ahok

48. @basuki_btp bisa dan sangat layak menjadi pendamping @jokowi_do2 dalam memimpin DKI. Berdasar pada kapasitasnya dalam beragam aspek! #Ahok


Tulisan ini bukan dalam rangka dukung-mendukung salah satu kandidat calon gubernur maupun calon wakil gubernur DKI Jakarta lho ya, tapi hanya sekedar sharing personalitas dari tokoh-tokoh Indonesia yang layak diangkat. Insya Allah tulisan-tulisan selanjutnya juga akan membahas calon gubernur maupun calon wakil gubernur DKI Jakarta yang lain. Tunggu saja!

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentarnya Yah

 

Dunia Ifat , Raya dan Rafa Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon. SEO improved by Apa Dong (dot) Web (dot) ID